Selamat datang di Blog Rakata

Sejarah Perkembangan Video Game

28 Februari 20122komentar

Video Game?! Dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan tentang macam-macam permainan. Video game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Video game umumnya menyediakan sistem penghargaan, misalnya skor yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada dalam permainan. Video game kini sudah mencapai generasi ketujuh, banyak konsol-konsol game bermunculan dari generasi ke generasi.

SEJARAH PERKEMBANGAN VIDEO GAME
  • Asal video game terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an.
  • Program-program ini kemudian diadaptasi kedalam permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an.
  • Pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an, banyak permainan komputer yang dikembangkan, secara bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya secara otomatis juga bertambah. Setelah era ini video game menyimpang keberbagai platform arcade, mainframe, konsol, PC, dan kemudian permainan genggam.
  • Perusahaan komersial pertama konsol video game adalah Computer Space pada 1971. Tetapi perusahaan ini tidak bertahan lama, hal ini disebabkan banjirnya video game yang dasar ke pasar mengakibatkan keruntuhan total industri game konsol diseluruh dunia, akibatnya terjadi pergesaran dominasi konsol dari Amerika Utara ke Jepang. Tapi ini hanya mempengaruhi pasar game konsol, pasar game komputer sebagian besar tidak terpenaruh.
  • Pada generasi selanjutnya, konsol video game akan terus didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang. Walau Amerika dan Eropa melakukan upaya untuk mendominasi pasar, tetapi pada akhirnya mereka pada gagal.
  • Tidak sampai generasi keenam, konsol video game non perusahaan Jepang merilis sebuah sistem konsol sukses secara komersial.
  • Sampai saat ini hanya perushaan jepang yang mendominasi pasar diseluruh dunia.
1. GENERASI PERTAMA
Generasi pertama konsol video game berlangsung dari tahun 1972, dengan dirilisnya Magnavox Odyssey, hingga  1977, ketika "pong" style produsen konsol meninggalkan pasar secara massal karena pengenalan dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol.

2. GENERASI KEDUA
Inilah awal dari video game yang berbasis bit (awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem.

Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI. Beberapa contoh konsol game pada generasi kedua dapat dilihat disamping. Dari ki-ka adalah Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 ,  Atari 5200

3. GENERASI KETIGA
Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau lebih dikenal dengan nama FAMICOM(kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Di Amerika Serikat, generasi game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.

4. GENERASI KEEMPAT
Generasi keempat atau biasa disebut dengan era 16 bit,pada generasi ini NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.
 
5. GENERASI KELIMA
Generasi kelima atau disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation.  
6. GENERASI KEENAM
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol next generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi dibidang pembuatan game konsol.

7. GENERASI KETUJUH
Dikarenakan semakin canggihnya teknologi di bidang teknologi maka kemudian 3 perusahaan konsol terbesar(Sony, Nintendo, dan Microsoft) mengeluarkan kembali konsol next-generation mereka keluaran terbaru. Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360. Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya permainan single player.

Sumber :  
http://septiandwicahyo15.blogspot.com/2011/10/video-game.html 
http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_video 
TerimKasih sudah berkunjung, semogartikel ini bermanfaat buat Anda...
NB: Blogger sejati selalu memberikan komentar...
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

31 Juli 2012 15.12

sangat bermanfaat sekali infonya buat saya pelajari ...............

13 Maret 2013 09.11

bgs mana ps 2 sama ps 3. Game nya.n keawetan mesinya.

Poskan Komentar

terima kasih Anda telah memberikan komentar, dengan memberikan komentar berarti Anda sudah memasang backlink Anda.

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Blog Rakata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger