Selamat datang di Blog Rakata

Compiler C++

7 Februari 20124komentar

Compiler merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengubah source code atau kode pemrograman menjadi bahasa mesin agar dapat dijalankan oleh komputer. Compiler berbeda dengan interpreter karena dimana pada compiler, hasilnya sudah berupa satu kesatuan perintah dalam bentuk bahasa mesin, dimana proses penterjemah dilaksanakan sebelum program tersebut diesekusi (*.com, *.exe, dsb). Sedangkan Interpreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi kode program lalu menterjemahnya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris sambil mengikuti logika yang terdapat dalam kode tersebut.

Keuntungan memakai intrepreter yaitu penyusunan program relative lebih cepat dan dapat langsung diuji sekalipun ada beberapa kesalahan secara kaidah dalam program. Sedangkan kelemahan intrpreter yaitu, kecepatan menjadi lambat ketika sebelum suatu instruksi dijalankan selalu harus diterjemahkan terlebih dahulu, selain itu saat program dieksekusi, intrepreter juga harus ada didalam memori. Dengan kata lain bahwa memori selalu digunakan baik program maupun intrepreter.

Sejauh ini versi C yang beredar dipasaran menggunakan penerjemah berupa compiler. Proses pengompilan ini hanya dilakukan sebanyak satu kali, selanjutnya hasil penerjemah dapat dijalankan secara lansung tanpa tergantung lagi oleh program sumber atau compilernya. Disamping itu juga, program sumber dapat disembunyikan atau dirahasiakan karena yang dieksekusi adalah program yang sudah dalam bentuk kode mesin.

Kelemahan dari compiler yaitu proses pembuatan dan pengujian membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, sebab membutuhkan waktu untuk mengcompile dan melakukan proses linking. Program akan berhasil dicompile hanya jika program tidak mengandung kesalahan secara kaidah sama sekali (syntax error).
Terima Kasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda...
NB: Blogger sejati selalu memberikan komentar...

Share this article :

+ komentar + 4 komentar

Anonim
10 Juni 2012 pukul 19.13

penjelasan singkat , jelassss banget.....klo bs ditambah lg pengertian,program2 or listing biar makin menarik...trims

17 Juni 2017 pukul 22.06

4. Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
http://zapplerepair.com/cara-membackup-data-Microsoft-Outlook-dari-harddisk-lama-Mac-Osx-baru.html

Anonim
9 September 2017 pukul 08.52

mantap kali blog nya...Thanks

22 Februari 2018 pukul 18.01

sippp ini min postingannya...
http://cody.id/produk/blower/solder-uap-cody-909d-2/

Posting Komentar

terima kasih Anda telah memberikan komentar, dengan memberikan komentar berarti Anda sudah memasang backlink Anda.

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Blog Rakata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger