Selamat datang di Blog Rakata

Sejarah Perkembangan Google

2 Desember 20110 komentar

Semua orang pasti sudah mengenal Google. Google merupakan mesin pencari terbesar dan paling sering digunakan oleh pengguna internet. Saat ini (2011) Google memuncaki klasemen web terbaik di ikuti oleh Facebook, You Tube, dan Yahoo. Google telah menciptakan beberapa tonggak yang sangat mengesankan, dari waktu ke waktu dan terus tumbuh pesat setiap hari. Sebaiknya kita lebih mengenal sejarah perkembangan Google, seperti kata pepatah "tak kenal maka tak sayang".

Berawal dari pertemuan antara dua mahasiswa Universitas Stanford. Mereka adalah Larry Page dan Sergey Brin. Pada awalnya mereka tidak merasa cocok. Hal ini disebabkan ketidakcocokan mereka terhadap topik yang mereka bicarakan. Tetapi dibalik ketidakcocokan tersebut mereka mempunyai persamaan juga, yaitu mencari dan menemukan informasi yang relevan dari sekumpulan data yang besar.

Pada tahun 1996, dua maasiswa lulusan ilmu komputer ini mulai mengembangkan sebuah mesin pencari yang bernama BackRub. Mesin pencari ini telah beroperasi di Stanford Server selama lebih dari satu tahun, akhirnya terlalu banyak mengambil bandwidth dari kapasitas Universitas (Stanford). Larry dan Brin akhirnya memutuskan untuk mengganti nama BackRub. Setelah beberapa brainstroming, nama Google yang dipilih. Nama Google merupakan plesetan dari "googol", sebuah istilah yang berarti matematika yang diwakali dengan angka 1 diikuti oleh 100 angka nol. Penggunaan istilah mencerminkan misi mereka untuk mengatur jumlah tak terbatas tampaknya informasi di web.

Sergey Brin dan Larry Page

Pada Agustus 1998, pendiri Sun Andy Bechtolsheim menulis cek sebesar $ 100.000 untuk sebuah entitas yang belum ada (perusahaan yang bernama Google Inc). Kemudian mereka pindah ke garasi Susan di 232 Santa Margarita, Menlo Park, CA. Mereka kemudian melanjutkan ke file untuk dipasang di California pada tanggal 4 September 1998. Tak lama kemudian mereka pergi ke bank dengan membawa cek yang dari Andy untuk membuka rekening pertama kali dengan atas nama Google. Kemudian mereka mengajak Craig Silerstein yang merupakan karyawan pertama, dia lulusan dari Universitas Stanford sama dengan Larry dan Brin.

Pada Desember 1998, PC Magazine melaporkan bahwa Google memiliki bakat luar biasa untuk mengembalikan hasil yang sangat relevan dan mengakui sebagai 100 Top Web Site untuk tahun 1998.

Mereka kemudian melanjutkan untuk menjadi internet paling sukses yang pernah. Awal tahun 1999 mereka membuat kesepakatan dengan Sequoia Capital dan Kleiner Perkins sebesar $ 25 juta. Pada bulan November 1999 Charlie Ayers bergabung dengan Google sebagai koki pertama perusahaan. Pada bulan April 2000. Google mengumumkan program MentalPlex, yang memandang kemampuan perangkat lunak untuk membaca pikiran Anda saat Anda memvisualisasikan hasil pencarian yang Anda inginkan. Pada bulan Juni 2000, Google bermitra dengan Yahoo! untuk menjadi default penyedia pencarian mereka. Juga pada bulan Juni mereka mengumumkan indeks miliar URL pertama, membuat Google menjadi mesin pencari terbesar di dunia. Pada bulan September 2000 mereka mulai menawarkan pencarian dalam bahasa Cina, Jepang, dan Korea, sehingga jumlah total bahasa yang didukung sampai 15. Pada Desember 2000 Google toolbar dirilis.

Google semakin kuat sejak saat itu. Membuat Google menjadi situs mesin pencari terbesar dan terbaik saat ini, dengan beberapa perangkat tambahan. Google akan terus berada di puncak selama bertahun-tahun yang akan datang.


Terima Kasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda...
NB: Blogger sejati selalu memberikan komentar...
Share this article :

Posting Komentar

terima kasih Anda telah memberikan komentar, dengan memberikan komentar berarti Anda sudah memasang backlink Anda.

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Blog Rakata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger