Selamat datang di Blog Rakata

Pengertian MySQL

13 April 20122komentar

MySQL adalah sebuah perangkat lunak pembuat database yang bersifat open source (terbuka). MySQL merupakan program database yang bersifat network sehingga dapat digunakan untuk aplikasi Multi User. 

MySQL bisa dibilang lebih unggul dari server lainnya dalam query data. Hal ini dapat dibuktikan dengan Interbase, MySQL lima kali lebih cepat dan dengan PostgeSQL, MySQL sepuluh kali lebih cepat.


Kelebihan-Kelebihan MySQL: 

1. Portability: Database MySQL berfungsi lebih stabil tanpa kendala, berarti MySQL berlaku pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac OS X Server, Solaris, Amiga, HP-Unix, dan lain-lain.

2. Open Source: MySQL merupakan database open source (gratis), di bawah lisensi GPL sehingga dapat memperoleh dan menggunakannya secara cuma-cuma tanpa membayar sepersen pun.

3. Multiuser: MySQL merupakan database yang dapat digunakan untuk menangani beberapa user dalam waktu bersamaan tanpa mengalami masalah. Dan memungkinkan sebuah database server MySQL dapat diakses client secara bersamaan pula.

4. Performace Tuning: MySQL mempunyai kecepatan yang cukup baik dalam menangani query-query sederhana, serta mampu memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.

5. Column Type: Database MySQL didukung dengan tipe data yang sangat kompleks, seperti signed/unsigned integer, float, double, char, varchar, text, blob, data, time, datetime, timestamp, year, set serta enum.

6. Command dan Functions: MySQL server memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah SELECT dan WHERE dalam query.

7. Security: Sistem Security pada MySQL mempunyai beberapa lapisan sekuritas seperti tingkatan subnetmask, hostname, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetil serta password terenkripsi.

8. Scalability dan Limits: MySQL mempunyai kemampuan menangani database dalam skala cukup besar, dengan jumlah record lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris. Selain itu dapat menampung indeks sampai 32 indeks pada tiap tabelnya.

9. Connectivity: Adanya kemampuan MySQL melakukan koneksi dengan client menggunakan protokol TCP/IP, Unix socket (Unix), atau Named Pipes (NT).

10. Localization: Adanya kemampuan dalam mendeteksi kesalahan (error code) pada client menggunakan lebih dari dua puluh bahasa.

11. Interface: MySQL memiliki interface terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemograman menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).

12. Clients dan Tools: Database MySQL dilengkapi berbagai tools yang dapat digunakan untuk administrasi database.

13. Struktur Tabel: MySQL memiliki struktur tabel cukup baik serta cukup fleksibel, misalnya ketika menangani alter table. 

 SUMBER :
  1. http://sobatbaru.blogspot.com/2010/03/pengertian-mysql.html
  2. http://www.maniacms.web.id/2012/01/pengertian-mysql.html
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

3 Mei 2012 10.57

bagus artikelnya,gan... boleh tukar link???

19 Juni 2017 00.51

7. Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
http://blog.zapplerepair.com

Posting Komentar

terima kasih Anda telah memberikan komentar, dengan memberikan komentar berarti Anda sudah memasang backlink Anda.

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Blog Rakata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger