Selamat datang di Blog Rakata

Sejarah Perkembangan SEO

18 Januari 20124komentar

Pengertian SEO

Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju situs/web.


Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah situs/web pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama dari hasil pencarian berdasarkan kata kunci (keyword) tertentu yang ditargetkan.

Sejarah Perkembangan SEO

Menurut Danny Sullivan, istilah SEO pertama kali digunakan oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet pada tanggal 26 Juli 1997. Pada waktu itu, algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs/web. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster atau pemilik situs/web akan melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya sehingga mesin pencari akan salah menempatkan dan akan membuat peringkat terhadap situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian tidak relevan dan menimbulkan kerugian, baik bagi mesin pencari maupun pengguna internet yang mengharapkan informasi yang sesuai dengan keinginannya.

Larry Page dan Sergery Brin akhirnya membangun Backrup, yaitu sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk membuat peringkat halaman web.

Algoritma tersebut bernama Page Rank, yaitu fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi-kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis terhadap kualitas masing-masing link.

Backrup ternyata sebuah awalan. Pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi lanjut dari Backrup. Dalam waktu yang singkat, Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari pengguna internet karena berhasi menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. Page Rank lantas menjadi standar, baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster (pemilik situs/web) agar situs/web-nya memperoleh nilai Page Rank setinggi mungkin sehingga dapat menempati posisi teratas pada hasil pencarian.
Terima Kasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda...
NB: Blogger sejati selalu memberikan komentar...

Share this article :

+ komentar + 4 komentar

16 Oktober 2012 pukul 09.56

trimakasih ya infonya gan.........

16 Juni 2013 pukul 17.01

terima kasih informasi gan.. bisa kasih info lanjutan mengenai ruang lingkup SEO??

27 Mei 2015 pukul 06.58

Sangat berguna sekali gan untuk saya dan jadi tau perkembangan seo
Salam kenal gan
http://seo-belajarseo.blogspot.com

18 September 2015 pukul 19.04

artikelnya bisa referensi, terima kasih Kk

Posting Komentar

terima kasih Anda telah memberikan komentar, dengan memberikan komentar berarti Anda sudah memasang backlink Anda.

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Blog Rakata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger