Selamat datang di Blog Rakata

Pengertian Framework

11 Januari 20121komentar



Menurut kamus Inggris - Indonesia yang disusun oleh John M. Echols dan Hassan Sadily framework memiliki arti kerangka. Tetapi saya lebih suka mengartikan framework ini menjadi kerangka kerja. Kenapa disebut kerangka kerja? Karena pekerjaan yang akan dilakukan harus mengikuti dan tidak lari dari kerangka tersebut. Seperti tukang jahit yang menggunting kain untuk pakaian berdasarkan pola(framework) yang ada. Maklum ibu saya adalah tukang jahit, maka itu saya tahu akan hal ini.


Kembali ke dunia IT khususnya pemrograman, framework terdiri dari modul - modul yang mempunyai tugasnya masing - masing (menangani database, XmlRPC, email, dll) dan memiliki aturan pakai (aturan penulisan kode program, struktur direktori/file, dan penggunaan modul). Memang menjadi lebih rumit dan lebih lambat, bagi anda yang biasanya menulis kode program tanpa menggunakan framework. Tapi percayalah, jika sudah terbiasa menggunakan framework maka anda akan merasakan manfaatnya yang begitu luar biasa yaitu waktu pengerjaan dan kode yang lebih sedikit dan juga file - file anda lebih terstruktur.

Kita asumsikan anda disuruh untuk membuat program yang membaca RSS dan kemudian menampilkannya. Dengan menggunakan framework, kita hanya tinggal panggil modul yang menangani RSS, buat object, panggil methodnya, kemudian tampilkan. Simpel kan? Hanya beberapa baris kode saja. Hal ini akan sangat jauh berbeda jika anda mengerjakannya tanpa framework.

Contoh diatas adalah contoh membuat aplikasi yang sederhana. Seperti kata Julius Sirait "Tapi kalau udah 20 tabel dan dengan business logic yang memusingkan, tetap aja bikin sakit kepala".

Framework bukanlah kantong ajaib Doraemon yang akan memberikan apa yang anda minta. Framework hanya merupakan alat bantu. Jika anda disuruh merancang sitem yang besar, gunakanlah logika anda untuk merancangnya dan framework sebagai alat bantu untuk mengimplementasikan rancangan anda tersebut.

Saat ini tersedia banyak framework yang dapat anda pilih dan gunakan untuk membantu pekerjaan anda. Ada .NET (untuk membuat aplikasi yang jalan di Sistem Operasi Windows), Ruby on Rails (untuk membuat aplikasi web dengan bahasa Ruby), Django (untuk membuat aplikasi Web dengan bahasa Python) dan banyak lagi. Jadi intinya, framework ini dibuat untuk membantu pemrogram agar tidak memulai dari 0 (nol) lagi setiap projectnya. Mudah - mudahan penjelasan dan contoh diatas bisa membuat anda lebih mengerti.

Terima Kasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda...
NB: Blogger sejati selalu memberikan komentar...
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

17 Juni 2017 21.27

6. zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)

Posting Komentar

terima kasih Anda telah memberikan komentar, dengan memberikan komentar berarti Anda sudah memasang backlink Anda.

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Blog Rakata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger